-->

    Thursday, 19 April 2018

    [PROFIL IKAN] Killifish

    Killifish adalah nama umum untuk egg-lying fish anggota ordo Cyprinodontiforrmes. Kata killifish berasal dari istilah Belanda “kil visen” / “klide’ yang berarti stream fish atau ikan sungai. Ikan killi dibagi menjadi dua kategori, non annual dan annual. Non-annual adalah kelompok ikan yang menyenangi air yang bersifat soft acidic. Contoh kelompok ini adalah anggota Amphyosemions. Sedangkan kelompok annual adalah ikan killi yang menyukai air yang bersifat hard alkaline. Ikan killi yang termasuk annual adalah Notobranchius .

    Amphyosemion killifish (pict fr pinterest)
    Bluefin killifish Notobranchius (pict fr pinterest)


    Nama lain
    sisik melik, Aplocheilus pachanx  (blue pachanx) Rocket (Pseudepiplatys annulatus), Fundulopachanx garneri, Golden pachanx (Apocheilus lineatus), toothed carp, top minnowa

    Distribusi
    Ikan ini ditemukan di air tawar dan payau benua Amerika, Eropa, Afrika, dan Asia.

    Habitat
    Di Indonesia ikan ini dapat dijumpai di sungai, danau, dan persawahan meskipun populasinya mulai berkurang. Ikan ini dapat hidup di dataran tinggi dan rendah dengan suhu bervariasi 22-26oC dan pH 6,2-6,8. Killifish memiliki range habitat yang sangat beragam serta proses reproduksi yang bervariasi.

    Morfologi
    Ukuran killifish relatif kecil, 2,5-5cm, namun ada juga yang mencapai 15cm. Kebanyakan spesies killifish adalah genus Notobranchius atau Aphyosemion (sekarang ada 3 genus). Kelompok ikan killi masuk ke dalam family cyprinodontidae yakni kelompok ikan yang bergigi dan bertelur. Sebagian besar ikan killi memiliki sirip yang kuat dan warna yang menarik.

    Sifat dan karakter
    Beberapa jenis dari ikan ini memiliki karakter ganas dan agresif. Ikan ini memiliki sifat teritori yakni membela wilayahnya dari ikan jantan lain namun ikan jantan ini mengawini semua betina yang masuk wilayahnya.

    Usia1-2 tahun. Ikan killi yang annual hanya dapat hidup kurang dari 1 tahun.

    Budidaya dan pemeliharaan
    Tidak ada satu acuan khusus dalam memelihara killifish. Hal ini disebabkan oleh luasnya ragam habitat, pakan, serta reproduksi. Wadah pemeliharaan ikan ini tidak terlalu luas, namun menyesuaikan ukuran ikan. Media pemeliharaan juga berbeda-beda mulai dari soft dan agak asam (pH) hingga hard dan basa. Suhu juga berpengaruh terhadap kehidupan beberapa jenis ikan ini. Ikan killifish yang berasal dari Brazil selatan dan Uruguay membutuhkan suhu dingin sehingga dalam pemeliharaan harus ditambahkan AC atau pendingin. Sedangkan jenis notobranchius  dari afrika lebih mudah dipelihara di Indonesia.

    Pemijahan ikan killifish bervariasi tingkat kesulitannya, bergantung pada spesies yang akan dibudidayakan. Waktu penetasannya dari pendek hingga membutuhkan inkubasi mencapai tahunan. Hal ini disebabkan oleh kondisi alam dari habitat asli ikan yang menjadi karakter pada saat memijah. Waktu inkubasi tersebut juga dipengaruhi oleh suhu, kelembapan, dan kadar oksigen. Ikan yang bersifat non-annual biasanya meletakkan telur dalam jumlah besar di satu tempat. Sedangkan ikan annual meletakkan telur berjumlah sedikit namun di banyak tempat. Ikan ini bertelur setiap hari.

    Pakan
    Ikan killi membutuhkan pakan mengandung protein untuk tumbuh. Vitamin dan HUFA digunakan untuk kesehatan dan peryumbuuhan. Pakan menyesuaikan ukuran dan spesies. Beberapa jenis memakan ikan kecil. Namun ada yang dari menetas hingga dewasa memakan infusoria, kutu air, cacing sutra, bloodworm, burger, dry food, dan serangga. Killifish juga dikenal sebagai predator, ia akan selalu mencari sesuatu untuk dimakan.

    Penyakit
    Penyakit yang kerap ditemui antara lain whitespot, velvet, finroot, dropsy, dll. Pencegahan penyakit utamanya adalah dengan menjaga kualitas air dan kebersihan

    Harga
    Ikan hias ini dijual cukup mahal. Harga untuk telurnya saja mencapai Rp.180.000

    Peraturan perundangan terkait
    -

    Referensi
    Bailey, M. dan Sanford, G. The New Guide to Aquarium Fish
    Genade, T. A Guide to Keeping Killifish
    Hillarius, K.  2016. Kevin Killifish dan INKA. Majalah Nusatic edisi 01 volume 1 no 1
    OATA. Killifish. Brochure
    Sanford, G. 1999. Aquarium Owner’s Guide. DK publishing
    SIregar, B. Mengenal Ikan Hias Si Cantik Killifish. Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Medan


    No comments:

    Post a Comment