-->

atas

    Sunday 16 February 2020

    Cherax quadricanatus Iridovirus (CQIV)


     Nama lain:
    -

    Etiologi/ penyebab:
    Cherax quadricanatus Iridovirus (CQIV), berdiameter 150nm, ds DNA, memiliki 178 ORF[1,2]. Virus termasuk famili iridoviridae, berukuran lebih kecil dibandingkan Iridovirus, Chloriridovirus, dan beberapa genus Lymphocystivirus namun lebih besar dibandingkan ranavirus dan megalopcytivirus [2].

    Hospes
    Cherax quadricarinatus. Pada uji patogenestias, CQIV terbukti dapat menimbulkan infeksi serupa pada Pr. Clarkii dan L. vannamei. Pada uji laboratorium, kematian pada udang vaname lebih cepat dibandingkan C. quadricarinatus dan Pr. clarkii [1]


    Epizootiologi:
    Awal munculnya penyakit ini ditandai dengan adanya laporan kematian tahun 2014 pada lobster yang dibudidayakan di Fujian, China [1]. Pada pengujian, penularan dapat terjadi ketika udang diberikan daging yang mengandung virus ini [3].  

    Faktor pendukung
    -

    Gejala Klinis
    Penyakit ini ditandai dengan lobster yang berhenti makan dan melemah pada hari ke-5 infeksi. Kematian terjadi pada hari ke 9 infeksi [1].

    Perubahan patologi
    Hanya sedikit informasi mengenai perubahan yang terjadi pada infeksi CQIV. Studi dengan TEM memperlihatkan kecenderungan tissue tropisme dari virus ini. Porosit, sel hematopoietik, dan sepitel insang merupakan target utama dimana virus bereplikasi di sitoplasma. Sebagian besar hemosit tidak terlibat dan digunakan sebagai tempat multiplikasi. Sel jantung, otot, oosit, syaraf, epitel misgut, sel R, B, dan F hepatopankreas, sel labirin antennal gland tidak terinfeksi [3].

    Diagnosa banding
    -

    Metode Diagnosa
    Sejauh ini, publikasi terkait diagnosa baru secara gambaran klinis, TEM, PCR, dan genomik. Virus dari penyakit ini dapat diisolasi dari hemolim. Virion terbanyak didapati pada sel insang dan organ hematopoietik[1].

    Pencegahan dan Pengendalian
    Belum ada referensi terkait

    Referensi

    1. Xu, L., T. Wang, F. Li, F. Yang. 2016. Isolation and preliminary characterization of a new pathogenic iridovirus from redclaw crayfish Cherax quadricarinatus. Disease of Aquatic Organisms 120: 17-26

    2. Li, F., L. Xu, F. Yang. 2017. Genomic characterization of a novel iridovirus from redclaw crayfish Cherax quadricarinatus: evidence for a new genus within the family Iridoviridae. Journal of General Virology 98:2589–2595

    3. Tiantian, W. 2016. Research on the Tissues/Cell Tropism and Transmission of Cherax Quadricarinatus Iridovirus (CQIV) and White Spot Syndrome Virus (WSSV). http://gb.oversea.cnki.net/KCMS/detail/detail.aspx?filename=1016256153.nh&dbcode=CMFD&dbname=CMFDREF

    4. Australia Government Department of Agriculture. Infection with shrimp haemocyte iridescent virus (SHIV)

    5. NACA 2018. Seventeenth Meeting of the Asia Regional Advisory Group on Aquatic Animal Health: Report of the Meeting. Published by the Network of Aquaculture Centres in Asia-Pacific, Bangkok, Thailand.




    No comments:

    Post a Comment