-->

atas

    Sunday 29 March 2020

    Streptococcosis pada udang


    Nama lain:  -

    Etiologi/ penyebab:
    Streptococcus uberis dan S. parauberis. Merupakan bakteri oportunis gram positif kokus berantai non motil, non hemolitik, anaerob [2]. Penelitian terbaru mengidentifikasi jenis Streptococcus penaeicida sp dari udang [1].

    Hospes : udang vaname

    Stadium rentan
    Kematian udang teramati pada juvenil ukuran 6-7gr [2].

    Epizootiologi:
    Kejadian kematian oleh bakter ini pertama kali terjadi di Amerika Latin. Kematian mencapai 20-40% dalam 3 minggu. Melalui uji tantang, kematian berkisar antara 40-100% (infeksi secara oral) dan 80-100% (infeksi melalui air) Bakteri ini berpotensi menyebar melalui udang hidup maupun yang dibekukan [2].

    Faktor pendukung
    -

    Gejala Klinis
    Tidak ada gejala klinis ataupun lesi eksternal yang jelas dan menciri. Udang yang mati biasanya ditemukan di dasar petakan. Udang yang mati memperlihatkan eksoskeleton yang terlepas dengan sebagian besar organ dalam dan otot menghilang seperti termakan atau hancur dari dalam ke luar [2]

    Perubahan patologi
    Secara histopatologi teramati bakteriemia pada hemolim dan sinus hemalis disertai agregasi hemosit. Lesi semacam ini paing mencolok pada organ limphoid. Sejumlah bakteri kokus dengan hemosit dan nodul hemositik juga teramati di jantung, insang, otot skelet, foregut, midgut, syaraf, jaringan ikat midgut caeca dan sinus hemalis antennal gland dan hepatopankreas [2].

    gambaran bakteri pada pewarnaan khusus jaringan (Morales-Covarrubias et al., 2018)


    Metode Diagnosa
    Diagnosa dapat dilakukan secara bakteriologi, histopatologi, dan molekuler [2].

    Diagnosa Banding
    Adanya nodul hemositik melanisasi pada streptococcosis ini serupa dengan yang teramati pada kasus white muscle disease udang galah [2].

    Pencegahan dan Pengendalian
    Uji laboratorium memperlihatkan bahwa bakteri ini sensitif terhadap oxytetrasiklin. Namun demikian, aplikasi di lapangan tidak mampu menurunkan kematian. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah meminimalisir stress lingkungan termasuk mengurangi kepadatan, meningkatkan penggantian air, dan pemanenan lebih awal [2].

    Referensi
    1. Morales-Covarrubias, M.S., M.C. Bolan-Mejia, A.I.V. Alonso, J.F. Fernandez-Garayzabal, B.Gomez-Gil. 2018. Streptococcus penaeicida sp. nov., isolated from a diseased farmed Pacific white shrimp (Penaeus vannamei). Int J Syst Evol Microbiol 68:1490–1495

    2. Hasson KW, Wyld EM, Fan Y, Lingsweiller SW, Weaver SJ, Cheng J, Varner, P.W. 2009. Streptococcosis in farmed Litopenaeus vannamei: a new emerging bacterial disease of penaeid shrimp. Dis Aquat Organisms 86:93–106

    No comments:

    Post a Comment