-->

atas

    Friday 22 September 2023

    Gas bubble ingestion kuda laut

    Nama lain:  air bubble ingestion

    Etiologi/ penyebab
    Gelembung udara yang masuk ke lambung. Hal ini dapat terjadi ketika kuda laut memakan pakan hidup (nauplii copepod, copepodit, nauplii artemia, dll) lalu menelan udara, dan tidak mampu melepaskan gelembung udara yang sudah tertelan [1].  Gas yang tertelan dapat memicu pembentukan gelembung udara di saluran pencernaan [3].

    Hospes 
    Kuda laut [1]

    Stadium rentan
    juvenil [1]

    Faktor pendukung
    Pada studi yang dilakukan oleh Pawar et al (2011), kematian lebih banyak akibat ingesti gas terjadi pada tank berwarna transparan dan kuning [2].

    Gejala Klinis
    Kuda laut yang menelan gelembung udara akan mengalami perubahan cara berenang menjadi tidak terarah, kehilangan keseimbangan, dan tidak mampu memakan pakan hidup. Kuda laut menjadi kelaparan lalu mati [1].

    Gb. Ingesti gelembung udara  (panah) (source: Pawar, 2014)

    Perubahan patologi
    Penyakit ini berdampak pada saluran pencernaan, yolk sac, insang, dan mata [1].

    Diagnosa banding
    -

    Metode Diagnosa
    Pengamatan klinis 

    Pencegahan dan Pengendalian
    Penyakit ini dapat diatasi dengan mengurangi kepadatan pakan (>6 nauplii/copepodit copepod per ml) dengan latar berwarna gelap (biru) untuk mengurangi salah tangkap dan menelan gelembung udara. Kadar oksigen juga harus terjaga >4ppm dengan pergerakan air yang minimal untuk membantu kelangsungan hidup dan pertumbuhan [1]. Warna dari bak pemeliharaan sebaiknya disesuaikan dengan pakan hidup, kondisi cahaya, dan spesies kuda laut untuk menghindari gas termakan oleh kuda laut [2]. Bak berwarna hitam lebih direkomendasikan untuk mempermudah kuda laut mendeteksi mangsa sehingga potensi terjadinya gas bubble ingestion menjadi lebih sedikit [3].

    Referensi

    1. Sanaye, S. V., Pawar, H. B., Murugan, A., Sreepada, R. A., Singh, T. and Ansari, Z. A. Diseases and parasites in cultured yellow seahorse, Hippocampus kuda (Bleeker, 1852). Fish. Chimes. 2013, 32(11): 65-67.
    2. Pawar, H.B., S.V. Sanaye, A. Murugan, R.A. Sreepada, Tan. 2011. Effect of Background Color of Tanks on Growth and Survival of Juvenile Yellow Seahorse, Hippocampus kuda (Bleeker 1852), in the Pelagic Phase. The Israeli Journal of Aquaculture - Bamidgeh, IIC:63.2011. 6 pp
    3. Pawar, H.B. 2014. Development and standardisation of culturetechniques for conservation of yellow seahorse, hippocampus kuda (BLEEKER, 1852). Thesis Goa University

    No comments:

    Post a Comment